Presiden RI Joko Widodo Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Pemangkas Rambut Garut

Berlokasi di Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, akan dibangun perumahan Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut (PPRG). Presiden Joko Widodo mengatakan, ini merupakan permulaan sebagai perumahan bagi komunitas, dan nantinya akan di bangun juga di provinsi lain dengan komunitas berbeda.

Perumahan PPRG ini mendapatkan subsidi KPR Fasilitas Likuiditas Penyediaan Perumahan (KPR FLPP) dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) dari Kementerian PUPR yang disalurkan oleh BTN. Harga jual rumah sebesar Rp 130 juta dengan suku bunga yang dikenakan 5% atau lebih rendah dari bunga pasar, selama 20 tahun. Angsuran setiap bulannya sebesar Rp 800.000. Selain itu calon penghuni juga mendapat SBUM sebesar Rp 4 juta sehingga uang muka yang dibayarkan terjangkau sekitar 1% atau Rp 1,3 juta.

“Jumlah anggota kami saat ini sebanyak 4.000 orang dan masih banyak yang belum memiliki rimah. Kami sangat sulit mendapatkan KPR karena sebagai pekerja non formal kurang dipercaya besaran penghasilan kami. Oleh karena itu, terimakasih atas program yang sangat memudahkan bagi komunitas kami ini,” kata Ketua PPRG Irawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking