Agar Rumah Tidak Bocor, Simak Tips dan Trik Penggunaan Aquaproof Ini

TIPS&TRIK – Seperti biasa, setiap akhir tahun akan banyak pengeluaran seperti anggaran pendidikan anak-anak, liburan keluarga, bahkan hingga renovasi rumah. Oleh karena itu, harus dibuat rencana anggaran terutama untuk memberikan kenyamanan tinggal di rumah. Karena, biasanya di akhir tahun juga merupakan musim hujan dan seringkali terjadi kebocoran di dalam rumah.

Adanya bocor di rumah tentu memberikan rasa tidak nyaman saat berkumpul bersama keluarga. Terlebih lagi jika banyak saudara atau tamu yang berkunjung ke rumah untuk menghabiskan waktu liburan. Maka, perlu kenali tanda-tanda masalah dinding rembes, seperti cat dinding yang mulai mengelupas, cat dinding menggelembung, munculnya lumut dan jamur, hingga warna cat dinding yang pudar.

“Selain berdampak langsung ke bangunan, dinding rembes seringkali membuat kita menjadi kesal, mudah marah, bahkan malu saat ada acara kumpul di rumah. Sebelum hujan datang dan membuat khawatir, lebih baik atasi masalah dinding rembes dengan cara yang tepat sehingga tidak boros mengeluarkan biaya berulang kali,” jelas General Manager Commerce PT. Adhi Cakra Utama Mulia, Antony Kostka.

Adhi Cakra Utama Muliaadalah perusahaan lokal yang mendistribusikan berbagai produk pelapis anti bocor (waterproofing coating) dan produk kimiawi lainnya terkait bangunan.PT Adhi Cakra Utama Mulia mendistribusikan Aquaproof Polyester Mesh, Aquagard, Heatgard, Super Cement, Superfix, Betonmix, Supergrout, Hydroseal, Superpox, Dy-no-mite, Sealband, dan Hydrostop.

“Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan curah hujan tertinggi di dunia membuat. Ini membuat kami terus berinovasi dan berkomitmen menghasilkan produk-produk kimia berkualitas dan sesuai dengan kondisi Indonesia. Namun ingat, untuk mendapatkan hasil dengan kualitas yang baik, penggunaan Aquaproof harus tepat dan benar,” kata Antony.

Lebih lanjut Antony menguraikan, dalam menggunakan Aquaproof terdapat dua tahapan penting agar Aquaproof mampu melindungi dinding rumah dari rembes. Pertama, kata dia, acian yang sudah benar – benar kering dan bersih, dilapisi primer terlebih dahulu. Primer bisa didapatkan dengan  mencampurkan Super Cement (cairan polimer berwarna putih susu) dan semen dengan perbandingan 1 : 1 ¼. Primer dapat diaplikasikan menggunakan kuas / rol cat.

Primer, kata Antony, juga berfungsi untuk menggantikan plamir atau cat dasar lainnya. Sedangkan masalah umum yang sering terjadi akibat penggunaan plamir adalah efflorescence yaitu terbentuknya garam bersifat alkali yang membentuk kristal pada cat dinding sehingga menyebabkan cat mudah terkelupas. Selain itu, penggunaan plamir dengan daya lekat rendah juga dapat menimbulkan cat mengelupas.

‘Keunggulan Super Cement dan Semen sebagai primer adalah meningkatkan daya lekat cat ke substrat/acian, mengikat debu atau partikel kecil yang masih tertinggal dan mencegah terjadinya efflorescence,” tutur Antony.

Kemudian, imbuhnya, pada tahap dua yaitu lapiskan Aquaproof dengan menggunakan kuas, rol atau alat penyemprot. Lalu, tunggu lapisan pertama kering dan lakukan proses pelapisan kedua. Bila memungkinkan lakukan pelapisan kedua menyilang dari lapisan pertama. Khusus bagian sambungan direkomendasikan menggunakan Aquaproof Polyester Mesh atau Supermesh.

“Aquaproof selain menyediakan solusi untuk berbagai permasalahan bangunan, kini semakin mendekatkan diri dengan konsumen dengan memiliki toko resmi di marketplace seperti Blibli.com dan Tokopedia sehingga konsumen lebih mudah berbelanja kapanpun dan dimanapu,” pungkas Antony.


Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *