Dukung Pariwisata di Daerah, SMF Siap Biayai Homestay

0
Webinar Membangkitkan Optimisme Industri Pariwista Nusantara

NEWS UPDATE – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) (Persero) siap mendukung bangkitnya sektor pariwisata nasional, setelah anjlok begitu dalam dihantam pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Perusahaan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), Bonai Subiatko dalam webinar bertema Membangkitkan Optimisme Industri Pariwista Nusantara yang digagas oleh Forum Wartawan Daerah (Forwada), Kamis (4/3). Untuk mendukung bangkitnya pariwisata tanah air, pihaknya telah menginisasi program yang dinamakan Pembiayaan Homestay.

“Program Pembiayaan Homestay ini diperuntukan bagi masyarakat di desa wisata. Dalam proram ini SMF bermitra dengan stakeholder antaralain dengan kementrian pariwisata lewat  deputi bidang indutris dan investasi,” ucap Bonai.

Pihaknya juga sudah melakukan penandatangan MOU dan PKS dengan Kemenparekraf untuk kerjasma dalam pembiayaan homestay, dimana dalam penyalurannya SMF bekerjasama dengan BUMDES. “Untuk program ini tentunya ditujukan untuk desa wisata yang sudah memiliki Homestay dan telah beroperasi dengan baik dan punya rencana penembangan,” sambungnya.

Dalam webinar tersebut, Bupati Kabupaten Gunung Kidul,  Sunaryanta menuturkan pihaknya saat ini tengah mengembangkan sport tourism untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik. Menurutnya, pengembangan sport tourism di Gunung Kidul tidak terlepas dari banyaknya objek wisata di wilayahnya. Penggarapan sport tourism ini dilakuan dengan melibatkan komunitas dan Pokdarwis dan pihak swasta.

Beberapa event sport tourism yang sudah dan akan terus dikebangkan antara lain, Beach Volley, Marathon Internasional, Paralayang internasional, MX GP Series, Tour the Gunung Kidul dan Yoga Vestifa. “Kita berharap ada efek berantai dari dilaksanakannya sport tourism berskala internasional, dan ini pasti akan melibatkan berbagai stakeholder lainnya seperti hotel dan homestay, yang  sejak sekarang ini kita telah mulai siapkan. Semoga setelah pandemic ini segera terwujud,” ucapnya.

Pelaku usaha pariwisata, Irvan Muthalib mengaku sangat optimis pariwisata Indonesia akan bangkit kembali, terutama setalah adanya program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah. Founder & CEO Halttravel ini juga mengajak seluruh insan pariwisata untuk tetap optimis seraya berharap bantuan dari media massa untuk terus menggaungkan bahwa Indonesia punya objek wisata yang tidak kalah dari luar negeri.

Sementara Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP menyebutkan sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi termasuk ekonomi kreatif pihaknya telah menginisiasi Program #TAYTB Women Warriors yang menghadirkan solusi menyeluruh untuk mendukung perempuan Indonesia menjalankan dan mengembangkan bisnisnya dengan maksimal.

Menurutnya, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan basis pengusaha perempuan terbesar di dunia di mana data dari Bank Indonesia menyebutkan bahwa lebih dari 60% dari total 57,83 juta UMKM Indonesia dijalankan oleh pengusaha perempuan.

Solusi yang didapat dari Program #TAYTB Women Warriors antara lain; Manage: layanan perbankan yang memungkinkan pengusaha perempuan untuk mengatur keuangan baik pribadi dan bisnis dengan mudah, aman dan nyaman, kapan saja dan dimana saja.

Grow:  solusi  keuangan  dan  non  keuangan  (beyond  banking)  untuk  mendukung  bisnis  yang memungkinkan pengusaha perempuan mengembangkan dana pribadi maupun bisnisnya dan  Live berupa  dukungan  untuk  meningkatkan  kemampuan  dan  kualitas  diri  dengan  membangun  komunitas usaha,  penyediaan  program  edukasi  sehingga  mereka  dapat  menikmati  hidup  sekaligus  memberi dampak bagi perekonomian Indonesia.

“Program #TAYTB Women Warriors ini  selaras  dengan  komitmen  Bank  OCBC  NISP  untuk menjalankan layanan perbankan yang bertanggung jawab (responsible banking). Dengan solusi yang lebih dari sekedar dukungan finansial (beyond banking), kami berharap program #TAYTB Women Warriors dapat menjawab tantangan yang dihadapi pengusaha perempuan dan turut mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia secara berkelanjutan,” tutup Parwati.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking