Hadapi New Normal, Jokowi Datang Saham Mal Terkerek

Dok Satpres

Dampak pandemi Covid-19 yang turut memukul sektor ritel. Hampir dua bulan puluhan mal pun herus menutup operasional karena mengikuti kebijakan Pembatasan Berskala Beasr (PSBB) di berbagai daerah. Tutupnya sejumlah pusat perbelanjaan tentu membuat salah satu sektor ekonomi berhenti bergerak. Tak heran, pemerintah yang memiliki rencana memasuki new normal bergegas dengan mengizinkan sejumlah mal kembali beroperasi.

Karena itu, untuk meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal di pusat perbelanjaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sarana perniagaan Summarecon Mal Bekasi (SMB), Selasa (26/5). “Kita ingin tetap produktif tapi aman covid. Produktif dan aman covid. Ini yang kita inginkan,” kata Jokowi kepada sejumlah media yang hadir.

Pada kesempatan ini Jokowi menegaskan jika opasional mal dengan menerapkan protokol kesehatan seperti cek suhu tubuh sebelum memasuki area mal. Tak hanya itu, Presiden juga membatasi jumlah pengunjung hanya 50% dari kapasitas. “Misal kapasitas mall biasanya dikunjungi seribu orang kini hanya boleh 500 orang saja,” jelasnya.

Meski manajemen mall baru akan mulai beroperasi kembali pada 4 Juni 2020, namun antusias masyarakat ngemal sepertinya tak bisa dibendung. Tak ayal sore hari usai Jokowi berkunjung, sejumlah masyarakat yang sudah antre pun memasuki mal satu demi satu dengan prosedur penegcekan suhu tubuh.

Bukan hanya masyarakat yang menyambut baik akan kembali beroperasinya sejumlah pusat perbelanjaan. Investor pun ikut bersorak, hal ini ditandai dengan terkereknya sejumlah saham ritel properti. Misal pada penutupan perdagangan Selasa (26/5) saham PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) naik 4,78% ke level harga Rp 438/unit. Lalu saham PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) naik 6,47% ke level Rp 362/unit. Begitu juga dengan saham PT Plaza Indonesia Tbk (PLIN), pemilik Mal Plaza Indonesia, naik 2,8% ke level 2.200/unit, saham PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) naik 3,5% ke level Rp 148/unit


Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *