Kenzo Tange Japan Architecture

KENZO Tange (丹 下 健 三 Tange Kenzo ?, 4 September 1913 – 22 Maret 2005) adalah seorang arsitek Jepang, dan pemenang 1987 Pritzker Prize untuk arsitektur. Dia adalah salah satu arsitek paling signifikan dari abad ke-20, menggabungkan gaya tradisional Jepang dengan modernisme, dan dirancang bangunan utama di lima benua. Tange juga merupakan pelindung berpengaruh gerakan Metabolist.

Dipengaruhi dari usia dini oleh modernis Swiss, Le Corbusier, Tange mendapat pengakuan internasional pada tahun 1949 ketika ia memenangkan kompetisi untuk desain Hiroshima Peace Memorial Park. Dia adalah anggota dari CIAM (Congres Internationaux d’Architecture Moderne) pada 1950-an.

Dia tidak bergabung dengan kelompok arsitek CIAM muda yang dikenal sebagai Tim X, meskipun nya Tokyo Bay rencana 1960 adalah berpengaruh untuk Tim 10 pada tahun 1960, serta kelompok yang menjadi Metabolisme. Studi universitas di urbanisme menempatkan dia dalam posisi yang ideal untuk menangani proyek-proyek pembangunan kembali setelah Perang Dunia Kedua.

Ide-idenya dieksplorasi di desain untuk Tokyo dan Skopje. Karya Tange dipengaruhi generasi arsitek di seluruh dunia.


Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *