Roster Bikin Rumah Kaya Udara dan Bermandi Cahaya

Tren penggunaan roster yang akhir-akhir ini marak bukanlah barang baru. Material yang bisa menjadikan bangunan tanpak indah dan menarik ini sudah banyak digunakan medio 80-an hingga 90-an. Material yang dijadikan penyekat antar ruang ini juga bisa diaplikasikan di eksterior maupun interior. Selain mempercantik tampilan bangunan, materil yang juga dikenal sebagai ventilation block ini juga difungsikan sebagai sirkulasi udara dan cahaya.

Penggunaan roster berdampak baik untuk kelestarian lingkungan. Dengan memanfaatkan potensi cahaya alami, udara, dan angin secara maksimal, kamu berarti telah melakukan penghematan energi. Tak heran roster banyak digunakan pada bangunan green building.

Aneka bentuk roster seperti bunga, bulat, kotak, persegi panjang, heksagonal kian mempercantik wajah bangunan. Material rooster pun bisa disesuaikan dengan penempatan dan fungsinya. Yang paling popular adalah roster dari beton yang terbukti kuat dan banyak dijadikan sebagai pagar atau ornamen mempercantik fasad. Selain itu juga bisa memilih rooster berbahan GRC yang menjadikan fasad kian atraktif.

Sementara untuk interior bisa menggunakan roster kayu, keramik, kuningan, hingga kaca yang bisa dijadikan penyekat antar ruang nan cantik. Namun bagi Anda yang menginginkan bangunan tampak klasik atau berkonsep industrial bisa memilih rooster tanah liat, batako, semen, batu alam, atau besi. Penggunaan material ini kian memperkuat konsep unfisnihed kian nyata.

Yang menjadi catatan dalam pengaplikasian roster adalah material ini tidak bisa dijadikan sebagain penahan struktur bangunan. Rongga yang terdapat di bagian tengahnya membuat roster tidak cukup seimbang untuk menahan beban atau tumpuan yang berat.

Penggunaan roster kurang bisa menjaga privasi penghuni rumah karena permukaannya yang bolong-bolong. Dan yang terpenting harus memperhatikan arah datangnya sinar matahari, dapat membuat ruangan kurang nyaman karena silau atau panas. Anda harus memasang fasad dengan arah yang tidak dilalui oleh sinar matahari, misalnya arah selatan dan utara rumah.


Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *