Telkom Group Bangun Hyperscale Data Center Terbesar Kedua di Batam

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Dalam rangka memperkuat posisi sebagai pemain utama bisnis data center di regional, Telkom Group sedang membangun sebuah Hyperscale Data Center (HDC) baru di Kabil Industrial Estate, Batam. Prosesi peletakkan batu pertamanya sudah dilaksanakan oleh Wakil Menteri BUMN II RI, Kartika Wirjoatmodjo bersama Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono dan Direktur Utama NeutraDC Andreuw ThAF, (21/12).

HDC Batam akan menjadi data center berkapasitas terbesar kedua dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Sekaligus bisnis data center kelima yang akan dikelola langsung oleh PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak usaha Telkom, dengan portofolio bisnis Hyperscale Data Center Cikarang dan Data Center Sentul, Serpong, Surabaya (3S DC).

HDC Batam tak hanya akan melayani berbagai kebutuhan bisnis di Indonesia, namun juga dapat menangkap potensi limpahan permintaan (spillover) dari negara lain. Apalagi pertumbuhan permintaan layanan data center sampai dengan tahun 2030 dari segment Enterprise, Digital Native Business dan Cloud Service Provider diperkirakan sangat eksponensial, baik di pasar domestik maupun regional, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akses konten.

Seperti dinyatakan oleh Ririek, “Bisnis data center adalah bisnis yang diproyeksi sangat potensial ke depannya, seiring dengan tingginya permintaan saat ini. HDC Batam diharapkan dapat menangkap potensi spillover demand yang berasal dari Singapura dan sekitarnya, selain juga untuk memenuhi kebutuhan domestik di Indonesia. Hal ini akan memperkuat positioning TelkomGroup di bisnis data center regional yang sejalan dengan fokus perusahaan untuk value creation yang optimal pada strategi utama Five Bold Moves, terutama data center.”

Kartika Wirjoatmodjo mengapresiasi inisiatif TelkomGroup ini. “Pembangunan HDC Batam ini merupakan langkah strategis yang kami yakini dapat melayani pasar domestik dan regional, khususnya pasar di Singapura. Hal ini juga sejalan dengan upaya untuk mengakselerasi transformasi digital dan mengubah seluruh BUMN menjadi perusahaan yang lebih digital native.”

HDC Batam dibangun di atas lahan seluas 8 Ha, dengan total tiga Campus berstandar world class data center dengan total kapasitas IT load 51MW, menggunakan energi yang terbarukan (renewable energy), ramah lingkungan dan mengadopsi system multi-tier. Pada tahap awal, dimulai dengan IT load sekitar 20 MW dan secara akan meningkat secara bertahap, sesuai dengan kebutuhan. HDC Batam akan menyediakan layanan yang dinamis dengan sistem modular yang dilengkapi dengan Building Management System, yang memungkinkan pelanggan untuk memilih berbagai layanan dengan variasi tier yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

“Dengan potensi demand yang sangat besar, menjadi momen yang tepat bagi Telkom untuk mengakselerasi bisnisnya di Data Center dan memaksimalkan performansinya. Selain itu kemitraan strategis dengan perusahaan besar internasional juga akan mendukung langkah transformasi TelkomGroup untuk value creation yang optimal ke depan,” ujar Bogi.

Andreuw ThAF menerangkan, terkait pengembangan bisnis data center serta memberikan nilai tambah di bisnis ini dan untuk lebih meningkatkan ekosistem data center Telkom Group, NeutraDC melakukan inisiasi kerja sama strategis bersama ST Dynamo Holdings (anak perusahaan dari Singapore Telecommunications (Singtel) dan PT Medco Power Indonesia (perusahaan penyedia renewable energy). Kesepakatan kerjasama tersebut tertuang pada Head of Agreement (HOA) yang prosesi penanda-tanganannya bersamaan dengan peresmian pembangunan HDC Batam.

Keberadaaan HDC Batam akan melengkapi ekosistem digital yang dimiliki TelkomGroup sebelumnya, seperti data center di Cikarang, 3S DC, dan Regional DC yang berada di Singapura dan Hong Kong, serta edge data center yang tersebar di seluruh Indonesia. Ekosistem data center tersebut didukung oleh ekosistem kabel laut TelkomGroup seperti Batam Singapore Cable System (BSCS), Indonesia Global Gateway (IGG) dan proyek pembangunan kabel laut yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Posisi strategis HDC Batam memiliki peran penting sebagai connectivity hub regional selain domestik dan internasional. Pengembangan bisnis data center TelkomGroup di Batam nantinya siap mendukung rencana jangka panjang pengembangan bisnis data center NeutraDC dan meningkatkan competitive advantage bisnis data center TelkomGroup.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Terpopuler