Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM Hadapi Pandemi

0

Dikenal sebagai marketplace yang mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal, Tokopedia kerap menyelenggarakan program promo untuk produk mereka. Salah satunya Home Living SALEbrations, yang diselenggarakan selama bulan Juni 2021 dengan promo diskon hingga 90 persen dan cashback hingga Rp 200.000.

Dalam keterangan tertulis yang diterima MyHome, Tokopedia menyatakan, selama kuartal pertama 2021, untuk kategori Home and Living meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun 2020. Strategic Initiatives Senior Lead (Home and Living, Mom and Baby Category) Tokopedia, Rizki Widyastuti menerangkan, “Bantal tidur, alat pel lantai serta peralatan dapur, seperti set pisau dan timbangan dapur, menjadi beberapa produk paling dicari.”

Pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran seperti yang ditawarkan Tokopedia adalah upaya para pebisnis UMKM bertahan selama masa pandemi ini.  Salah satu pengrajin lokal sudah memanfaatkan adalah Dekornata yang didirikan pada 2018 oleh Giovanno Warli. Pebisnis lokal yang berkolaborasi dengan pengrajin dari Jawa hingga Kalimantan ini, menjual berbagai produk olahan kayu, mebel dan dekorasi rumah.

Giovanno mengungkapkan, “Semua produk kami, asli buatan pengrajin Indonesia dan hanya menggunakan kayu yang didapatkan secara legal dan ramah lingkungan, bahkan selama pandemi, omzet kami pun melonjak hingga 3 kali lipat”.

Pebisnis lokal lain adalah Sleep Buddy Bedding yang didirikan pada 2009 dan sudah memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia sejak 2017. Menjual beragam produk seprai, menurut pemiliknya, Indah Catur Agustin,  lewat Tokopedia bisa meraup omzet hampir senilai semiliar rupiah.

“Kini 80 persen penjualan kami berasal dari Tokopedia. Transaksi di toko kami juga naik hampir 20 kali lipat pada Q1 2021 dibanding Q1 2020,” ungkap Indah. Dengan omzet sebesar itu, kini bisnis Indah mampu memberdayakan banyak penjahit dari Purwantoro dan Wonogiri, Jawa Tengah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking